Rapat Koordinasi Tim Asesor Internal SPBE 2022

Rapat Koordinasi Tim Asesor Internal SPBE 2022

Rapat Koordinasi Tim Asesor Internal SPBE 2022

SAMPANG – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sampang menyelenggarakan Rapat Koordinasi dengan Tim Asesor Internal SPBE 2022 membahas Evaluasi Hasil SPBE Kabupaten Sampang Tahun 2021, Rencana Program Kerja Perbaikan indikator SPBE yang nilai tingkat kematangannya masih 1-2, Penjelasan Teknis terkait indikator SPBE yang nilai tingkat kematangannya masih 1-2 (Senin, 21/03/2022).

Bertempat di Aula Mini Diskominfo Sampang, rapat tersebut dihadiri oleh Drs. H. R. Soeharjanto, SH.,M.Si. (TP2D), Drs. Aji Waluyo, M.Si (Plt. Kepala Diskominfo), Achmad Murang TD, ST. M.Si. (Kabid. TIK), Kustantinah, S.Si.,M.Si (Kabag. Organisasi Setdakab. Sampang), Prama Arta W, ST. (Pranata Komputer), Chodijah, SH (Bagian Hukum Setdakab. Sampang), Fahrus Saleh, ST., MM. (BPPKAD), Riyanto, ST. MM (Bappelitbangda), Syaikhul Islam, S.Sos (BKPSDM) dan Slamet Jailani, SH. M.Si (Inspektorat).

Bagian Organisasi sebagai pengampu Indikator 14 Tingkat Kematangan Inovasi Proses Bisnis SPBE akan memperbaiki Proses Bisnis yang sesuai dengan PermenPANRB nomor 19 Tahun 2018. Kesiapan dokumen Minggu I April 2022 akan dilaporkan progres perbaikannya.

Bagian Hukum sebagai pengampu indikator 44 Tingkat Kematangan Layanan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) akan menyusun Petunjuk Teknis/SOP JDIH untuk memenuhi kebutuhan perbaikan indikator 44.

BPPKAD sebagai pengampu indikator 24 Tingkat Kematangan Penerapan Manajemen Aset TIK akan menyiapkan dokumen terkait Aset TIK. Kendala untuk pengambilan rekening belanja penjabaran Perangkat Daerah, karena aplikasi dari pusat sesuai dengan Permendagri Nomor 90 tahun 2019.

Bappelitbangda sebagai pengampu indikator 23 Tingkat Kematangan Penerapan Manajemen Data bersama Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo sudah terbentuk Forum Sampang Satu Data. Bappelitbangda juga sudah menggunakan Aplikasi untuk data geospasial yaitu SIG4TA. Dokumen Manajemen Data untuk arsitektur data sudah tersedia.

BKPSDM sebagai pengampu indikator 25 Tingkat Kematangan Penerapan Kompetensi Sumber Daya Manusia akan menginventarisir kebutuhan dokumen untuk bukti pendukung penerapan Manajemen SDM. Untuk peningkatan kompetensi sementara untuk Diklat Kepemimpinan. Rekruitmen SDM sementara Kabupaten Sampang prioritas untuk tenaga pendidikan dan kesehatan.

Inspektorat sebagai pengampu indikator 29 Tingkat Kematangan Pelaksanaan Audit Infrastruktur SPBE dan indikator 30 Tingkat Kematangan Pelaksanaan Audit Aplikasi SPBE, belum pernah melaksanakan Audit TIK. Inspektorat belum memiliki auditor yang kompetensinya untuk pelaksanaan Audit TIK. Pelaksanaan Audit TIK bisa dilakukan dengan bantuan Diskominfo untuk bahan informasi awal terkait audit TIK. Indikator 21 Tingkat Kematangan Penerapan Manajemen Risiko SPBE, inspektorat sudah melaksanakan Manajemen Resiko.

Jadwal rencana kerja disusun lebih spesifik sebagai bahan evaluasi progres capaian. Masing masing OPD pengampu dengan nilai indikator dibawah 3 agar dapat meningkatkan nilai indikator minimal 3 dengan mengavaluasi kendala pada indikator tersebut sehingga dapat melengkapi dokumen pendukung indikator. Setiap pengampu indikator diberi tenggat waktu agar pelaksaan SPBE bisa segera diselesaikan dengan teratur tepat waktu. Agenda Sosialisasi atau Bimbingan Teknis terkait Manajemen SPBE segera dilaksanakan, diagendakan akhir Maret. Secara rutin diagendakan rapat koordinasi minimal 1 bulan sekali untuk melihat progres perbaikan indikator SPBE dan perwakilan yang hadir pada rapat kali ini agar kedepan tetap orang yang sama sehingga kedepannya tetap berkesinambungan.

 

Close
X