Diskominfo selenggarakan Forum Kolaborasi SPBE Kab. Sampang Tahun 2022

Diskominfo selenggarakan Forum Kolaborasi SPBE Kab. Sampang Tahun 2022

Diskominfo selenggarakan Forum Kolaborasi SPBE Kab. Sampang Tahun 2022

SAMPANG -  Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sampang menyelenggarakan Forum Kolaborasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Sampang Tahun 2022  yang membahas tentang Indikator - indikator SPEB yang perlu ditingkatkan, Rabu-Kamis (30-31/03/2022).

Bertempat di Hotel Grand Dafam Signature Surabaya, Forum Kolaborasi SPBE tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiawan S.Sos., MM, Asisten Administrasi Umum H. Abd. Hannan, SH., M.Si, serta Tim Asesor dan Tim Koordinasi SPBE Kabupaten Sampang.

Dalam forum kolaborasi SPBE ini, Diskominfo menggandeng Politeknik Negeri Madura (Poltera) dan Universitas Trunojoyo Madura (UTM) sebagai narasumber. Direktur Poltera Dr. Arman Jaya, ST., MT dalam arahannya menyampaikan tentang Sampang Go Sukses SPBE dimana dalam menyukseskan SPBE banyaknya Aplikasi yang dibangun maupun digunakan tidak Menjadi indikator keberhasilan melainkan Pemerintah dan Masyarakat perlu menyesuaikan budaya baru dan memperbarui pola pikir. Pada forum tersebut juga,  Dr. Arman Jaya, ST., MT menjelaskan tentang unsur penting dalam penerapan SPBE yaitu penyelenggaraan pemerintahan merupakan unsur tata kelola dari birokrasinya, kehandalan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai pengungkit (enabler) dalam pelaksanaannya serta kemudahan layanan pemerintah yang diberikan kepada pengguna, sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

Sementara itu Narasumber dari Akademisi dari Universitas Trunojoyo Madura Muhammad Yusuf, ST., M.MT, Ph.D dan Moch. Kautsar Sophan, S.Kom., M.MT  yang juga merupakan Evaluator Eksternal SPBE KemenPANRB Tahun 2021 dan Konsultan SPBE Pemda  menjelaskan dan memberikan pengarahan  tentang Domain Manajemen SPBE yang merupakan domain dengan indeks terendah pada Hasil Evaluasi Assessment SPBE Kab. Sampang Tahun 2021. Dalam paparannya,  dijelaskan bahwa pada domain Manajemen SPBE diperlukan penerapan Manajemen SPBE dan Audit TIK. Pada Manajemen SPBE sendiri terdiri dari :

  • Manajemen Risiko SPBE;
  • Manajemen  Keamanan Informasi;
  • Manajemen Data;
  • Manajemen Aset TIK;
  • Manajemen Sumber Daya Manusia;
  • Manajemen Pengetahuan;
  • Manajemen Perubahan;
  • Manajemen Layanan SPBE

sementara untuk Audit TIK diperlukan Audit Infrastruktur SPBE, Audit Aplikasi SPBE dan Audit Keamanan SPBE.

Diharapkan dengan adanya Forum Kolaborasi ini dapat meberikan pengarahan kepada Perangkat Daerah khususnya Perangkat Daerah pengampu Indikator - indikator SPBE pada Domain Manajemen SPBE sehingga dapat meningkatkan nilai Indikator SPBE pada Assessment SPBE selanjutnya.

Close
X